PERANAN TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN ADMINISTRASI PESERTA DIDIK DI SMP IT MADANI TULANG BAWANG BARAT
Ratna Dewi Setyowati, M.Pd
Keywords:
Peran Tata Usaha, Layanan AdministrasiAbstract
Lembaga pendidikan adalah suatu organisasi produksi yang menghasilkan jasa layanan pendidikan yang dibeli oleh para pelanggan pendidikan. Pelanggan utama dari lembaga pendidikan adalah para peserta didik. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan tata usaha dalam meningkatkan pelayanan administrasi peserta didik di SMP IT MadaniTulang Bawang Barat? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peranan tata usaha dalam meningkatkan pelayanan administrasi peserta didik di SMP IT Madani Tulang Bawang Barat .Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan tata usaha dalam meningkatkan mutu pelayanan siswa di SMP IT Madani Tulang Bawang Barat dilakukan dengan proses yang sistematis, yaitu pengelola tata usaha sekolah melibatkan para guru dan staf untuk mengadakan rapat bersama dalam rangka menyampaikan laporan pelayanan sekolah. Perencanaan ini dibuat sesuai dengan aspek-aspek kebutuhan siswa hingga kebutuhan pendidikan, (2) Pelaksanaan tata usaha dalam meningkatkan mutu pelayanan siswa di SMP IT Madani Tulang Bawang Barat yakni dengan mengoptimalkan sumber daya tata usaha yang ada dan melihat kebutuhan serta pengembangannya. Sehingga nantinya prosesnya bisa berjalan baik dan lancar. Madrasah merealisasikannya dengan tenaga pegawai yang cukup profesional sesuai dengan job description-nya, yaitu 3 (tiga) tenaga tata usaha yang masing-masing mempunyai tugas dalam surat-menyurat (berkas/dokumen), pelayanan dalam kegiatan operasional madrasah dan keuangan, serta peningkatan sarana prasarana, berkomunikasi dengan baik dan jelas, dan memberikan pelayanan secara cepat dan tepat. (3) Evaluasi tata usaha dalam meningkatkan mutu pelayanan siswa di SMP IT Madani Tulang Bawang Barat dilakukan minimal 2 (dua) kali dalam enam bulan, dengan cara melibatkan para guru dan staf untuk melaporkan berkaitan dengan pelaporan pelayanan, yang perlu diperbaiki maupun ditingkatkan. Evaluasi dilaksanakan dengan cara melihat kondisi kebutuhan pelanggan atau siswa, guru dan wali murid. Proses evaluasi yang dilaksanakan dengan mempertimbangkan beberapa keluhan. Jika keluhan tersebut mengenai hal yang mendasar dalam pelayanan, komunikasi maupun sikap dalam pelayanan, maka yang dilakukan adalah merubah cara berkomunikasi, kinerja dan sikap dalam pelayanan, supaya keluhan tidak akan terulang lagi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rita Octaviani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
CC Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0