KOMPONEN DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Suatu Kajian dalam Persektif Dunia Pendidikan Formal
Lidia Tiyana Indriani, M.M
Keywords:
Manajemen Besbasis Sekolah (MBS), Manajemen Kurikulum, Manajemen Pembelajaran, Manajemen Tenaga Kependidikan, Manajemen Kesiswaan.Abstract
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) adalah model kekhasan, kebolehan, kemampuan, dan kebutuhan sekolah, yang dilakukan secara partisipatif, transparan, akuntabel, berwawasan kedepan, tegas dalam penegakan hukum, adil, prediktif, peka terhadap aspirasi stakeholder, pasti dalam jaminan mutu, professional, efisien dan efektif dalam rangka peningkatan mutu. Kepemimpinan kepala sekolah sangatlah vital dalam pengelolaan sekolah. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya sebuah sekolah apabila kepala sekolah tidak memiliki kemampuan manajemen (sebagai manajer) maka yang terjadi adalah kesemrawutan pengelolaan, baik itu pengelolaan kurikulum, pengelolaan pembelajaran, pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan, pengelolaan kesiswaan, pengelolaan keuangan, pengelolaan sarana dan prasarana, pengelolaan hubungan kemasyarakatan, serta pengelolaan layanan khusus. Akan tetapi, pengelolaan tersebut tidak semata-mata tugas dari kepala sekolah saja, akan tetapi dibutuhkan kerjasama yang baik antara komponen sekolah itu sendiri baik dari guru, siswa, orang tua siswa, maupun komite sekolah. Berkaitan dengan
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) pendidikan tidak kalah pentingnya dengan MBS karena Pendidikan pada hakekatnya adalah usaha membudayakan manusia atau memanusiakan manusia, pendidikan amat strategis untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan diperlukan guna meningkatkan mutu bangsa secara menyeluruh. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Apabila antara MBS dengan pendidikan yang terkait saling kerjasamanya terjalin dengan baik, maka tujuan pendidikan yang diharapkan akan lebih mudah tercapai.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rita Octaviani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
CC Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0